Sabtu, 09 Februari 2013

Browse Manual » Wiring » » Sirih, Khasiat Si Tanaman Merambat

Sirih, Khasiat Si Tanaman Merambat


Piper betle L., begitu namalatin dari Sirih. Tanaman multiguna yang termasuk primadona dalam dunia medisini.
Sirih snediri tergolong tumbuhanmerambat. Daun Sirih berwarna hijau tua, sedang daun mudanya berwarna sedikitkekuningan. Tata letak daun berselang seling tersebar dengan tangkai daunpenunmpu yang cepat rontok.
Buahnya buni dengan ujung bebas danmembulat, sedangkan bijinya berbentuk lingkaran.
Tanaman ini kerap dipakai sebagaitanaman pagar. Tanaman ini tampil merambat dengan sangat indah.
Di luar dari pada itu, Sirih sendirimerupakan tanaman obat yang mempunyai ragam khasiat. Daunnya sendiri mengandungminyak penguap (volatile fatty acid, candinen, chavicol, augeno metil eter,caryophylen dan etilbrenzcarthecin. Khasiat tanaman ini sebagai disinfektanyakni dengan merebus daunnya. Air rebusan tersebut dapat digunakan untuk mencucivagina yang terkena infeksi.
Selain itu Sirih juga dikenalsebagai obat mimisan yang daunnya langsung disumbatkan pada hidung yang sedangmimisan. Sirih snediri juga bisa digunakan sebagai obat bisul. Daun yangditumbuk dengan penamabahan sedikit garam dapat dioleskan pada bisul tersebut.

SirihMerah
Beberapa waktu lalu, saya berjalan-jalan di pasar. Ketertarikan sayaterhadap dunia herbal membuat saya ingin langsung melihat bagaimanaketersediaan tanaman obat di pasar tradisional. Di pasar tersebut sayamendapati jenis Sirih yakni Sirih merah yang ditawarkan dengan harga yangmenurut saya cukup mahal. Satu lembarnya dihargai Rp. 5.000,- ,sementara satupot untuk bibit dijual dengan harga Rp 25.000 – 30.000,-. Wah, mungkin karenaprodusennya tak seberapa, padahal kalau begini, Sirih merah bisa menjadikomoditi yang menjanjikan dalam agribisnis.
Sebenarnya apa sih kegunaan Sirih Merah. Mengapa ia begitu berharga?Berikut saya tampilkan bahasannya.

DalamDunia kesehatan , sirih umumnya termasuk sirih merah memiliki multifungsi untuk mengobatiberbagai jenis penyakit. Hal ini di percayai karena dalam sebuah penelitianmendapatkan bahwa banyak zat-zat yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit
Sirih merah sebagaitanaman obat multi fungsi

Sejak jaman dahulu tanaman Sirih Merah telah diketahui memiliki berbagaikhasiat obat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, selain itu sirih merahmemiliki nilai-nilai spiritual yang tinggi. Sirih merah digunakan sebagai salahsatu bagian pen-ting yang harus disediakan dalam setiap upacara adat ”ngadisaliro”. Air rebusannya yang mengandung antiseptik digunakan untuk menjagakesehatan rongga mulut dan me-nyembuhkan penyakit keputihan ser-ta bau taksedap.

Penelitian terhadap tanaman sirih merah sampai saat ini masih sangat kurangterutama dalam pengembangan sebagai bahan baku untuk bio-farmaka. Selama inipemanfaatan sirih merah di masyarakat hanya ber-dasarkan pengalaman yangdilaku-kan secara turun temurun dari orang tua kepada anak atau saudarater-dekat secara lisan. Di Jawa, ter-utama di Kraton Jogyakarta, tanam-an sirihmerah telah dikonsumsi sejak dahulu untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.Bedasarkan pengalaman suku Jawa tanaman sirih merah mempunyai manfaatme-nyembukan penyakit ambeien, ke-putihan dan obat kumur, alkaloid di dalamsirih merah inilah yang berfungsi sebagai anti mikroba.

Selain bersifat antiseptik sirih merah juga bisa dipakai mengobati penyakitdiabetes, dengan meminum air rebusan sirih merah setiap hari akan menurunkankadar gula darah sampai pada tingkat yang normal. Kanker merupakan penyakityang cukup banyak diderita orang dan sangat mematikan, dapat disembuh-kandengan menggunakan serbuk atau rebusan dari daun sirih merah. Beberapapengalaman di masyarakat menunjukkan bahwa sirih merah dapat menurunkanpenyakit darah tinggi, selain itu juga dapat menyem-buhkan penyakit hepatitis.

 Sirih Merah dalam bentuk teh herbal bisamengobati asam urat, kencing manis, maag dan kelelahan, ini telah dilakukanoleh klinik herbal senter yang ada di Jogyakarta, di mana pasiennya yangberobat sem-buh dari diabetes karena meng-konsumsi teh herbal sirih merah.Sirih merah juga sebagai obat luar dapat memperhalus kulit.

Secara empiris diketahui tanaman sirih merah dapat menyembuhkan penyakit batuginjal, kolesterol, asam urat, serangan jantung, stroke, radang prostat, radangmata, masuk angin dan nyeri sendi
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar